Oleh: Ermis Suryana, S.Ag, M.Pd.I*
Abstrak: Teaching and learning process can be implemented effectively, efficientely and optimally if supported by eduquate knowledge of educational theories that apply in general then the study of theories of education have a significant importance, as an affort to enrich the educational insights, especially for teachers and practitioners of education in general. It is intended to find the theoritical foundation of varied, appropriate and useful in the implementation of education.
One of the given theory psychology (which application of psychological the theories in educational practice), is the learning theories. This theory tremendous contribution to educational practice, particulary in the areas of curriculum and intruction.
Kata Kunci: Belajar, Pendidikan
A. Pendahuluan
Proses pendidikan dapat dilaksanakan di mana saja, pada situasi apapun dan berlangsung seumur hidup. Untuk membedakan pelaksanaan pendidikan tersebut, maka dalam istilah kependidikan dikenalkan bahwa terdapat tiga jenis pendidkan yaitu pendidikanan formal, non formal dan informal. Dalam kajian makalah ini pendidikan yang dimaksud lebih terfokus kepada pendidikan formal, meskipun begitu teori yang akan dibahas juga dapat dipergunakan dalam kedua jenis pendidikan yang lain.
Proses belajar mengajar dapat terlaksana secara efektif, efisien dan optimal jika didukung oleh pengetahuan yang memadai tentang teori-teori pendidikan yang berlaku secara umum. Dengan demikian kajian terhadap teori-teori peendidkan memiliki urgensi yang segnifikan, sebagai upaya memperkaya wawasan kependidikan, terutama bagi para guru daan praktisi pendidikan pada umumnya. Hal ini dimaksudkan untuk mencari landasan teoritis yang variatif, cocok dan berdayaguna dalam pelaksanaan pendidikan.
*Dosen Tetap Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Fatah Palembang dan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah al-Ittifaqiyah Inderalaya. Email : suryana@yahoo.co.id
Unduh jurnal selengkapnya dalam format *.pdf: APLIKASI TEORI DALAM PRAKTEK PENDIDIKAN